Sabtu, 30 Juli 2011

8 Buatan alam yang sangat Menakjubkan

8. Ice Circles

Ice Circle atau lingkaran es adalah sebuah fenomena yang muncul pada air yang memiliki arus lambat di iklim dingin Lingkaran es fenomena yang sangat jarang sekali terjadi di air yang bersuhu dingin. lingkaran-lingkaran es besar ini dapat ditemui di skandinavia dan Amerika utara.

7. Red Tides

Sebuah fenomena alam yang terjadi karena berkumpulnya mikroorganisme di pesisir tempat bergabungnya air dari muara, laut atau air sungai dan membuat air menjadi berwarna ungu dan merah. Red Tide ini disebabkan oleh ledakan benda2 beracun, plankton mikroskopik alami (khususnya, subkelompok yang dikenal sebagai dinoflagellates).

6. Columnar Basalt

Formasi bebatuan yang terbentuk dikarenakan lava dari letusan gunung yang mendingin. Basalt yang terkenal di dunia terletak di Giant’s Causeway di Irlandia Utara. karena magma mendingin dengan cepat, sehingga sebagian kecilnya membentuk kristal.

5. Sun dogs

Fenomena dimana matahari terlihat lebih dari satu. Sun Dog jarang sekali terjadi. Karena melibatkan kondisi atmosfer yang rumit dan unik. Pada dasarnya, terbentuknya Sun Dog mirip dengan terjadinaya pelangi. Yaitu adanya pembiasan atau pembelokan cahaya matahari oleh titik-titik air atau kristal-kristal es. Sun Dog hanya terjadi jika terdapat lempeng-lempeng es hexagonal (segi delapan) yang tersusun mendatar (horizontal). Biasanya lempengan es seperti ini terbentuk pada awan sirrus yang tinggi. Cahaya matahari yang melewati kumpulan lempeng es kristal hexagonal tersebut akan dibelokkan dengan sudut minimum 22 derajat. Jika kondisi ini terpenuhi, maka akan mungkin terjadi fenomena Sun Dog. Sun Dog dapat terbentuk jika matahari berada pada posisi yang lebih rendah di horizon (saat terbit atau terbenam).

4. Moeraki Boulders

Batu-batu berbentuk bulat yang berada di tepi pantai, terbentuk karena deburan ombak, yang terkenal berada di Pantai Koekohe.

3. Catatumbo  Lightning


Catatumbo Lightning adalah fenomena petir yang terus menyambar dengan intensitas yang tinggi. Bahkan bisa mencapai 400.000 lebih sambaran dalam setahun. Fenomena ini terdapat di negara Venezuela.petir tersebut rata-rata menyambar selama 10 jam dalam sehari, dan dalam satu jam, petir tersebut dapat menyambar rata-rata sampai 280 kali sambaran. Bisa anda bayangkan berapa kali petir Catatumbo menyambar dalam sehari. Catatumbo Lightning dapat menghasilkan sekitar 1.176.000 kW listrik di atmosfer.

2. Light Pillars


Fenomena visual yg tercipta krn pantulan cahaya dari kristal es dekat permukaan planar sejajar horisontal. Cahaya dapat berasal dari matahari, biasanya pada saat matahari mau terbenam, dalam hal ini fenomena ini disebut pilar matahari. Dapat juga datang dari bulan atau dari sumber-sumber terestrial seperti lampu jalan.

1. Cave of Crystal

Cueva de los Cristales (Gua dari Kristal) adalah sebuah gua yang terhubung ke Naica Mine 300 meter (980 kaki) di Chihuahua, Meksiko. Ruangan utama berisi selenite kristal raksasa, beberapa kristal alam terbesar yang pernah ditemukan.
Dikarenakan ada dapur magma di bawah tanah di bawah gua. Memanaskan magma dan mineral air tanah menjadi jenuh dalam jumlah besar. Ruang cekungan gua itu penuh dengan air panas mineral yang kaya dan tetap penuh selama sekitar 500.000 tahun. Selama waktu itu, suhu air tetap stabil di atas 50 ° C. Hal ini memungkinkan untuk membentuk kristal mikroskopis dan tumbuh. Mereka terus tumbuh menjadi ukuran besar.

sumber :  sosbud.kompasiana.com, tukeranilmu.blogspot.com

Reaksi:

0 comments:

Posting Komentar