Minggu, 07 Agustus 2011

9 Hacker Terkenal Sepanjang Sejarah

Hacking bukanlah penemuan baru. Bahkan, telah ada sejak tahun 1930-an, meskipun tidak selalu berhubungan dengan komputer. Berikut adalah ikhtisar dari beberapa hacker paling terkenal sepanjang sejarah.

1. Robert Tappan Morris
Pada 2 November 1998, Robert Morris membuat dan merilis sebuah worm yang menjatuhkan sepersepuluh dari internet. Karena ingin diterima dan dikenal orang, Morris melakukan sebuah kesalahan dengan membahas tentang worm yang ia buat selama berbulan – bulan sebelum worm tersebut dirilis ke internet,
sehingga petugas keamanan tidak membutuhkan waktu yang lama untuk melacak Morris. Morris mengatakan itu hanya sebuah tindakan (iseng) saja. Ia mengatakan bahwa ia menyesal telah mendatangkan kerusakkan di internet yang setara dengan 15 juta dollar, yang hanya dilakukan oleh worm buatan Morris.

2. Vladimir Levin
Hacker yang satu ini gayanya mirip dengan karakter film James Bond, Vladimir Levin bekerja di laptop-nya (1994) di apartemennya, di St Petersburg, Rusia. Dia mentransfer uang dari CitiBank yang berada di seluruh dunia ke rekeningnya sendiri. Akan tetapi, Karir Levin sebagai seorang Hacker sangat singkat.ia ditangkap di Inggris,dan  dipenjara dan semuanya berhasil dipulihkan akibat ulah Levin ini tapi dari 10 juta Dollar  yang berhasil di transfer oleh Levin, sebanyak 400 ribu dollar hilang entah kemana.

3. Kevin Mitnick
Kevin Mitnick, seorang yang pernah dianggap oleh Amerika sebagai orang yang paling dicari dalam hal kejahatan cyber, ia juga disebut – sebut sebagai the poster child of computer hacking. Kevin menguasai bentuk awal dari rekayasa sosial/social engineering (dengan menipu operator) dan membajak computer untuk mendapatkan aksesnya dan memodifikasi system teleponnya. Setelah pengejaran selama dua tahun lamanya, ia ditahan. Tapi para komunitas Hacker yang berada di amerika protes terhadap apa yang dilakukan oleh pihak keamanan kepada Kevin Mitnick.

4. Jonathan James
James yang baru berusia 16 tahun, menjadi remaja pertama yang dikirim kepenjara karena kasus hacking. Ia membajak/hacking sistem komputerisasi pemerintah AS yang rumit, seperti NASA dan Departemen Pertahanan. Ia dilaporkan telah mencuri perangkat lunak senilai lebih dari 1,7 Juta Dollar.

5. Yan Romanowski
Yan Romanowski, juga dikenal sebagai MafiaBoy, ditangkap pada bulan Februari tahun 2000 meluncurkan serangan denial-of-service yang meruntuhkan banyak situs Internet terbesar, termasuk Amazon, eBay, dan Yahoo. Pengacara Yan menyatakan, "Jika [MafiaBoy] telah menggunakan semua kekuatannya, ia bisa melakukan kerusakan yang tak terbayangkan." Dipercaya secara luas bahwa Romanowski tidak lebih dari script kiddie. Serangannya, dilakukan dengan cara menerapkan dengan menggunakan script computer jaringan yang tersumbat, yang penuh dengan data sampah. 

6. David Smith
Ketenaran Smith berasal dari penulis email virus yang terkenal sebagai virus Melissa. Menurut Smith, virus Melissa tidak pernah bermaksud untuk menyebabkan kerusakkan, simpelnya virus itu hanya merambat ( artinya komputer yang terinfeksi mengirimkan email yang terinfeksi ke email orang lain yang belum terinfeksi) ke sistem computer yang overload/berlebihan dan ke server yang ada di seluruh dunia. Virus yang dibuat Smith ini tidak biasa, awalnya tersembunyi, dan virus ini berisi password ke 80 situs web pornografi terkenal. Lebih dari 6.000 email virus yang telah ditemukan.

7. George Hotz
George Hotz mungkin adalah seniman Jailbreak terkenal, dia disebut – sebut sebagai tokoh utama dalam hal jailbreaking Playstation April 2011. Sebagai salah satu Hacker pertama untuk jailbreak Sony Playstation 3, Hotz harus berhadapan dengan Sony di pengadilan, mungkin karena Hotz merilis ke Publik tentang metode Jailbreaking-nya. Sony menyatakan, bahwa sekelompok Hacker anonymous menyerang Perusahaan tersebut dengn level keamanan yang sangat tinggi. Tapi Hotz membantah pernyataan tersebut, ia mengatakan tidak bertanggung jawab atas serangan tersebut.

8. Kevin Poulsen
Kevin Poulsen, dikenal sebagai Dark Daante di komunitas para Hacker, Spesifikasinya ada di sistem jaringan telepon, khususnya stasiun radio. Hack iconnya 1991, dia mengambil alih semua jaringan telepon yang masuk yang menuju stasiun Radio KIIS-FM di Los Angeles, karena hal itu akan dapat membuat Kevin memenangkan kontes pendengar radio dan mendapatkan hadiah Porsche 944 S2. Kevin Poulsen akhirnya menjadi incaran para FBI dan ditangkap disaat yang sama ketika ia mendapatkan Porsche dan juga saat itu dia memenangkan kontes di stasiun yang berbeda, ia mendapatkan 20.000 dollar. Ia menghabiskan waktunya selama 51 bulan dipenjara dari hasil dari perbuatannya itu.

9. Steve Jobs dan Steve Wozniack
Mereka terkenal sebagai para pendiri Apple Computer, mereka menghabiskan sebagian waktu muda mereka sebagai Hacker.  Sekitar tahun 1971 mereka membuat perangkat kotak biru (Blue Box Device) (alat phreaking yang memungkinkan pengguna untuk melakukan paggilan jarak jauh tanpa adanya biaya yang dikenakan kepada pengguna) dan menjualnya kesesama mahasiswa di University of California, Barkeley.

source: http://www.techrepublic.com/blog/10things/the-top-10-hackers-of-all-time/2610
Reaksi:

0 comments:

Posting Komentar