Jumat, 12 Agustus 2011

5 Sekolah Belanda Tertua Di Indonesia


Simpang siur mengenai universitas tertua di Indonesia mungkin bukan hal yang menjadi sebuah kontroversi. Namun laman-laman universitas atau blog mengenai peruguran tinggi selalu memberikan kita hasil yang bervariasi hingga membuat kita bingung.

Seperti yang dikatakan Sejarawan Anhar Gonggong, kita tidak boleh sembarang mengklaim kampus mana yang paling tua karena perbedaan lini masa dan pendirinya.

Karena rasa ingin tahu, Sumber merangkum lima universitas paling tua di Indonesia.



1. Universitas Indonesia

Universitas Indonesia, merupakan kamus tertua di Indonesia. Berawal dari 1851, Pemerintah Hindia Belanda mendirikan sekolah yang ditujukan untuk menghasilkan asisten dokter, dengan gelar Dokter Djawa. Kemudian pada tahun 1898 sekolah tersebut dinamakan School tot Opleinding van Indiche Artsen (STOVIA). Sekolah kedokteran ini sempat beberapa kali berganti nama, yang akhirnya pada tahun 1947 dinamakan UI (Universitas Indonesia) dan diresmikan pada tahun 1955 sesuai UU No. 10.

2. Universitas Airlangga (UNAIR)

Universitas yang terletak di Surabaya ini awalnya merupakan Sekolah Kedokteran bentukan Belanda. Didirikan pada tahun 1913, School tit Opleinding van Indiche Tandartsen (STOVIT) ini merupakan sekolah kedokteran gigi pertama di Indonesia. Kemudian pada tahun 1954 resmi menjadi Unair, selain karena sejarah, Unair juga terkenal dengan program studi medis terlengkap.

3. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Kampus bentukan Belanda ini awalnya bernama Technishe Hooge School (THS) yang saat penjajahan Jepang berubah nama menjadi Bandung Kogyo Daigaku. Akhirnya berubah nama menjadi ITB pada tahun 1959. ITB sendiri menjadi universitas teknik terfaforit di Indonesia.

4. Institut Pertanian Bogor (IPB)

Peguruan tinggi ini juga didirikan oleh Belanda pada tahun 1938. Terdiri dari tiga disiplin ilmu, yakni Pertanian, Kehutanan, dan Kedokteran Hewan. Sekolah Pertanian (Landbouw Hogesschol) ini sempat bernaung pada Universiteit van Indonesia (UI) yang akhirnya berpisah pada tahun 1963. IPB merupakan kampus pelopor fakultas Kedokteran Hewan.

5. Universitas Islam Indonesia (UII)

Dengan nama awal Sekolah Tinggi Islam pada tahun1945, memiliki program studi mengenai agama islam yang kemudian berubah nama menjadi UII pada tahun 1948. Selain menjadi Universitas Tertua di Yogyakarta, UII juga merupakan salah satu  Uniersitas swasta tertua di Indonesia.

Sumber : Okezone.com

2 comments:

wah ane baru tahu kalo uii udah setua itu, kirain unoversitas kemaren sore :|

Unas (Universitas Nasional). Tahun 1949. Didirikan Sutan Takdir Alisjahbana

Posting Komentar