Kamis, 04 Agustus 2011

Makanan dengan sumber protein yang tinggi

Protein (asal kata protos dari bahasa Yunani yang berarti "yang paling utama") adalah senyawa organik kompleks berbobot molekul tinggi yang merupakan polimer dari monomer-monomer asam amino yang dihubungkan satu sama lain dengan ikatan peptida. Molekul protein mengandung karbon, hidrogen, oksigen, nitrogen dan kadang kala sulfur serta fosfor. Protein berperan penting dalam struktur dan fungsi semua sel makhluk hidup dan virus.
Kebanyakan protein merupakan enzim atau subunit enzim.
Jenis protein lain berperan dalam fungsi struktural atau mekanis, seperti misalnya protein yang membentuk batang dan sendi sitoskeleton. Protein terlibat dalam sistem kekebalan (imun) sebagai antibodi. Inilah makanan yang dapat dijadikan sumber protein yag tinggi.

1. Telur
Telur merupakan sumber protein yang terbaik. Putih telur memiliki kandungan protein yang sangat tinggi jika membandingkan dengan kuning telurnya, sehingga orang banyak tidak memakan kuning telurnya. Ternyata jika semua bagian  telur jika kita makan, kita akan mendapatkan semua kandungan asam amino esensial yang lengkap dalam jumlah yang sama atau di atas pola asam amino esensial yang dianjurkan FAO.

2. Daging Ayam
Ternyata daging ayam memiliki protein yang tinggi dan mengandung daging ayam yang relatif sedikit. Protein dalam daging ayam lebih banyak jika dibandingkan daging merah lainnya. daging ayam kaya akan "bio available" yang sangat bermanfaat bagi tubuh kita. dalam hal kaya akan protein, ternyata ayam betina mempunyai kandungan protein yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan ayam jantan.

3. Ikan Tuna
Ikan Tuna merupakan salah satu sumber protein yang terbaik yang pernah ditemukan. Ikan Tuna kaya akan 'omega 3' bermanfaat sebagai menjaga kesehatan jantung, mengatasi nyeri, membantu melangsingkan tubuh anda, kesehatan otak, mencegah kanker. Ikan Tuna juga dapat meningkatkan IQ dan melenturkan persendian.
Reaksi:

0 comments:

Posting Komentar