Jumat, 05 Agustus 2011

7 Keajaiban di Dunia


Tujuh Keajaiban Dunia merupakan daftar tradisional yang terkenal dari tujuh konstruksi menakjubkan dari zaman kuno. Ketika orang tahu sedikit tentang dunia di luar tepi Mediterania pada waktu itu, daftar ini hanya memiliki koleksi karya terletak di sekitar area tersebut. Pencetus daftar ini adalah Philo dari Byzantium dan oleh Antipater Sidon. Orang-orang Yunani menganggap tujuh sebagai angka magis, daftar Keajaiban Dunia memiliki tujuh anggota.
Tujuh Keajaiban Dunia adalah:




1. Piramida Agung Giza

Piramid dari Mesir ini dibangun dari 2700 hingga 2500 SM di Giza, di tepi barat sungai Nil dan yang aling kuno dari Keajaiban Dunia lainnya. Salah satu dari 3 piramid yang dianggap penting yang ada di Giza. Piramid yang berada di Giza berjumlah 10. Piramid ini adalah pyramid yang terbesar dan dinamakan Piramida yang Agung. Piramida ini dibangun untuk Firaun Khufu. Luasnya mencakup 13 hektar dan tingginya 450 meter. 

2. Taman Gantung Babilonia

Satu lagi keindahan dari Tujuh keajaiban Dunia, Taman Gantung Babilonia, taman ini dibangun di sebuah teras batu bata pada tahun 605 SM oleh seorang raja besar bernama Nebudzaker II untuk istri tercintanya. Seperti yang dikatakan oleh Pendeta Babilon, Taman ini berada di ketinggian 75 kaki diatas tanah dan luas areanya adalah 400 meter. Nebudzaker memerintahkan para budak untuk mengangkut air dari sungai eufrat dan memelihara kebun itu. Akan tetapi taman ini sudah tidak ada lagi.

3. Patung Zeus, Olympia

Pada 435 SM, sebuah kuil dibangun di Olympia untuk menghormati dewa Zeus Yunani. Dibagian dalam candi ini, patung Zeus diukir oleh Phidias dengan gading. Patung ini ditutupi oleh jubah emas dan memiliki karangan bunga di kepala. Sosok Nike, utusan-Nya, di tangan kanan dan ada tongkat di tangan kirinya. Patung ini diangkut ke Konstantinopel untuk dirawat. Sayangnya dihancurkan oleh api di AD 462.

4. Kuil Arthemis, Ephesus
Chersiphron dan Metagenes putranya adalah arsitek di balik pembangunan ini keajaiban dunia di 550 SM. Candi ini memiliki tempat suci, marmer menawan, dan atapnya terbuat dari kayu dan ditutup dengan ubin. Ruang Dasar menempati 200 kaki dengan 400 kaki. Ruang dalamnya memiliki dua barisan, dan setian barisan tidak kurang dari 106 kolom, setiap kolom tingginya mencapai 40 sampai 60 kaki. Setelah dibakar dan dibangun kembali beberapa kali, candi ini akhirnya dihancurkan oleh massa yang marah di 401 AD.

5. Patung Raksasa dari Rodhes

Keajaiban Dunia ini dibangun sebagai perayaan bagi kesatuan dari tiga negara kota Rhodes pada awal 200 SM. Pematung Yunani Charles diberi biaya untuk membangun patung perunggu untuk menghormati dewa matahari Helios. Colossus (Patung Raksasa) adalah patung 120 meter yang dibangun di atas daratan. Sistem pendukung internal terdiri dari blok batu dan besi. Namun, Patung ini dihancurkan oleh gempa bumi hanya 56 tahun setelah itu telah dibangun.

6. Makam dari Halicarnassus

Makam marmer putih raksasa ini dibangun pada 353 SM oleh arsitek Yunani Satyrus dan Pythius untuk menghormati sisa-sisa jasa raja Persia dan istrinya. Nama raja itu Mausolus dan Artemisia, istrinya. Tinggi Makam ini adalah 135 kaki dan empat pematung Yunani itu memperindah makam itu dengan dekorasi dan ornament – ornament dibagian luar. 36 kolom/tiang yang digunakan untuk menahan piramida di bagian atas makam tersebut. Pada abad ke-15, gempa bumi menghancurkan Keajaiban Dunia yang  megah ini.

7. Mercusuar dari Alexandria

Tinggi Mercusuar hampir 400 kaki dan merupakan salah satu bangunan tertinggi di antara Tujuh Keajaiban Dunia. Mercusuar ini dibangun pada 304 SM pada masa pemerintahan Ptolemeus II. Para arsitek Yunani Sostratus membangun patung ini dalam tiga tahap. Sebuah cermin diatasnya memandu para pelaut dengan memantulkan sinar matahari pada siang hari dan menghidupkan api untuk menuntun mereka di malam hari. Mercusuar inidihancurkan oleh gempa bumi di abad 14 

Diantara ketujuh keajaiban dunia ini hanya Piramida Agung Giza yang bertahan dari kejamnya zaman. Dalam waktu belakangan ini, daftar baru yang terdiri dari keajaiban dunia abad pertengahan dan dunia modern telah dikembangkan.

sumber : http://www.worldsmostunique.com/sevenwondersoftheworld.html 
Reaksi:

0 comments:

Posting Komentar